FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Gatal  (Read 58692 times)

Alpha

  • Guest
Gatal
« on: June 15, 2006, 08:40:05 AM »
dokter Yth.

Saya mengalami gatal gatal disekitar selangkah saya, apa lagi ketika saat gerah karena panas. gatal itu semakin tidak terkontrol. apabila digaruk rasanya pedih karena terluka. saya sudah memakai salep anti jamur tuk penanggulangan. namun tidak berhasil.. apakah ada cara lain untuk penyembuhannya

Offline Anisa

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 259
Re: Gatal
« Reply #1 on: June 23, 2006, 12:08:31 PM »
Netter Yth.

Sayang sekali saya tidak mengetahui dengan jelas identitas anda.
- Misalnya apakah anda berjenis kelamin laki apa perempuan ?
- Usia anda berapa ?
- Sejak kapan mulai mengalami keluhan tersebut ?

Gatal diselangkangan seringkali akibat investasi jamur, karena daerah itu selain cenderung lembab dan hangat.

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk melihat secara langsung lesi yang ada didaerah selangkangan itu.

Pengobatan penyakit jamur pada kulit butuh waktu relatif lama ( 3 - 4 minggu ), dapat ditopikal, atau oral ( obat minum ) yang lebih penting adalah cara pencegahan kekambuhan, yaitu kebiasaan yang baik sering ganti pakaian dalam yang kering atau pakailah celana dalam yang terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Pakaian itu dicuci dengan air panas untuk mematikan mycelium yang bandel disana.



dr. Baksono Winardi, SpOG

Offline Anisa

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 259
Re: Gatal
« Reply #2 on: June 27, 2006, 11:46:55 AM »
dokter Yth.

Saya mengalami gatal gatal disekitar selangkah saya, apa lagi ketika saat gerah karena panas. gatal itu semakin tidak terkontrol. apabila digaruk rasanya pedih karena terluka. saya sudah memakai salep anti jamur tuk penanggulangan. namun tidak berhasil.. apakah ada cara lain untuk penyembuhannya

Hey Alpha,

Gatal di selangkangan? Waduh, mengerikan ya …Gatal ini sebabnya macam-macam. Kemungkinan pertama memang infeksi, terutama oleh jamur. Tandanya muncul kemerahan dengan gatal hebat. Coba kamu perhatikan, apa sedang mengalami keputihan? Biasanya, keputihan oleh jamur memang bisa jalan-jalan dari vagina, bibir kemaluan bahkan selangkangan. Rasanya gatal hebat dan ditandai kulit yang kemerahan. Semakin digaruk, jadi enak, tapi semakin ingin menggaruk lagi. Akhirnya timbul lecet-lecet bahkan jadi infeksi. Infeksi jamur di selangkangan bisa juga timbul murni di selangkangan.
Infeksi jamur ini, seringkali disebabkan ”life style” yang kurang benar. Misalnya, pemakaian celana dalam atau celana. Kalau kita pilih celana  dalam atau celana yang ketat dan bahan  yang tidak menyerap, seringkali ”gerah” di sekitar memungkinkan jamur tumbuh subur. Makanya, pakai jins super ketat memang okay buat gaya. Tapi bikin jamur okay juga tumbuhnya. Jadi, pilih celana dalam yang menyerap misalnya dari katun.
Juga jangan lupa, kalau sedang menstruasi jangan malas ganti pembalut. Minimal 2-3 kali sehari. Darah haid bisa jadi media yang tepat untuk pertumbuhan kuman dan jamur loh .
Sebab lainnya, adalah kemungkinan adanya alergi. Beberapa bahan pembalut bisa jadi menimbulkan alergi yang bikin gatal. Kalau ini khas, yakni munculnya gatal dan merah saat dan setelah menstruasi. Selain itu, karet yang dipakai untuk celana dalam juga bisa menimbulkan alergi pada kulit, baik disekitar kemaluan, selangkangan atau pinggang.   
Jadi, yang mana jawaban untuk problem Alpha? Sementara ini, coba ubah gaya hidup kalau menurut Alpha kurang tepat. Pilih celana dalam yang menyerap, jangan pakai jins terlalu ketat, dan pastikan kebersihan terjaga saat menstruasi.
Kalau belum membaik juga, sebaiknya konsultasi ke dokter yang Alpha percaya. Karena seandainya itu betul jamur, mungkin pengobatannya tidak cukup hanya dengan salep anti jamur yang sudah Alpha pakai. Misalnya, tambahan obat anti jamur yang diminum.
Okay, Alpha?


dr. Eighty

Offline Aini

  • Newbie
  • *
  • Posts: 11
    • Email
Keputihan
« Reply #3 on: August 30, 2006, 02:49:35 PM »
Dok saya seorang wanita berumur 30 thn dan belum menikah. Saya mempunyai problem kenapa kemaluan saya terkadang bau. Saya keputihan kadang berbentuk putih seperti tepung kadang seperti ingus.Kadang coklat pekat kadang coklat bercampur putih ingus.Mengeluarkan bau . Tidak setiap hari . Kadang celana dalam saya bau walaupun saya tidak keputihan. Apakah faktor kecape'an, stress dapat memacu keluarnya keputihan. Apakah keputihan yang saya alami itu berbahaya dok dan mengganggu / merusak rahim sehingga menimbulkan suatu penyakit.
Apakah setiap wanita yang akan dan setelah menstruasi akan keluar keputihan dok ? Karena 2-3 hari sebelum dan sesudah menstruasi saya keluar flek / keputihan berwarna coklat gelap atau keputihan seperti ingus Wajarkah ini trima kasih atas jawabannya dok.

Offline Anisa

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 259
Re: Gatal
« Reply #4 on: March 01, 2007, 12:39:12 PM »
Dear Sdri. Aini yang baik,

     Keputihan yang berbau biasanya terjadi karena adanya infeksi, bisa terjadi oleh bakteri ( bakterial vaginosin atau investasi jamur ( Candidiasin ) dan parasit.
Infeksi ini bisa dipicu karena terlalu sering memakai obat-obat anti septik vagina yang berakibat matinya bakteri-bakteri yang memproduksi asam laktat di vagina yang normal.
     Matinya bakteri-bakteri normal tersebut membuat suasa asam vagina yng berguna untuk mencegah infeksi menjadi terganggu. Jadi hati-hati bila memakai obat-obatan antiseptik karena vagina secara alamiah dapat membersihkan diri sendiri.
     Cukup selalu menjaga kebersihan dan mencuci secara benar ( dari muka ke belakang ) dengan memakai sabun biasa. Serta pakailah celana dalam yang kering dan bersih dan mudah menyerap keringat. Stres bisa juga menyebabkan dengan daya tahan tubuh menurun dan akibatnya gampang terinfeksi. Keputihan sebelum dan sesudah mens wajar saja, biasanya cairan jernih dan tidak berbau.

Untuk pemeriksaan atau konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Sekretariat Website Kesehatan Reproduksi di Sekretariat FER  RSU dr. Soetomo Surabaya
Telp. 031-5501474

Salam,
dr. Bansono Winardi, SpOG(K)



Offline christin

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
gatal dan batas kemerahan
« Reply #5 on: October 16, 2008, 09:18:33 PM »
dokter,,
saya mengalami gatal hampir sama dengan alpha..
tapi awalnya gatal itu muncul di pantat stelah saya menstruasi.. (saya menggunakan pembalut panjang)
karna rasanya sangat gatal, saya sering menggaruk dan akhirnya gatal itu melebar ke kedua bagian pantat dan semakin parah jika menjelang menstruasi dan kemudian gatal tersebut membentuk batas kemerahan dan melebar hingga di sekitar selangkangan..
saya sudah menjaga kebersihan daerah reproduksi dgn mengganti pkaian dalam lebih dari 3x sehari dan selalu menggunakan tissu stelah BAB atau buang air kecil, namun hingga sekarang saya belum menggunakan obat apapun dan belum mencoba periksa kedokter..
saya biasa memberikan bedak caladine supaya tidak lembab, krna jika brkeringat atau lembab, gatalnya akan terasa..
yang ingin saya tanyakan adalah
1. apakah hal tersebut berpengaruh terhadap reproduksi saya nantinya?
2. obat apa yang bisa saya beli bebas di apotik untuk menghilangkan gatal?
3. apakah bekas gatal (batas kemerahan) bisa hilang?

terimakasih dokter..

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

gatal dan batas kemerahan
« Reply #5 on: October 16, 2008, 09:18:33 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab