FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Proses Monopouse  (Read 8596 times)

Offline Jhe

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
Proses Monopouse
« on: December 05, 2007, 10:14:35 AM »
Salam Kenal...

Saya ingin bertanya tentang proses monopose. Ibu saya berusia 51 tahun. Beliau sudah memasuki masa monopouse dalam 2 tahun ini karena kadang masih mengalami haid walaupun hanya sedikit dan waktunya tidak menentu. Beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh beliau adalah sering merasa gerah (kepanasan) padahal suhu udara menurut orang lain normal. Beliau sering mengalami kesulitan tidur di malam hari. Beliau jg pernah mengalami jantung berdetak kencang sekali dan sampai opname di rumah sakit. Dan kejadian tersebut telah berulang sampai 2 kali dalam jangka waktu satu tahun. Beliau sebelumnya aktif berolahraga tenis atau vollly dalam seminggu satu kali. Tetapi sudah 2 tahun ini beliau tidak lagi melakukan olah raga tersebut, hanya aktifitas rumah tangga saja yang beliau lakukan. yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah semua yang dialami ibu saya tersebut termasuk tanda2 yang dialami oleh wanita yang akan mengalami monopouse? Atau hanya karena berhentinya kebiasaan olahraga tersebut.
2. Bagaimana cara mencegah jantung yang berdetak kencang tersebut dan bagaimana cara mengatasi jika tiba2 menyerang kembali.
3. Berapa lama proses monopouse sampai benar2 berhenti siklus haidnya?

Terima kasih atas jawaban dokter...

Offline Anisa

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 259
Re: Proses Monopouse
« Reply #1 on: August 28, 2008, 10:22:36 AM »
Salam kenal.
 
Nama saya dr. Jimmy Yanuar Annas, SpOG.
 
Dalam kehidupan, wanita mengalami beberapa masa, antara lain:
masa pra pubertas ( < 14 tahun), reproduksi ( 15 - 45/50 tahun), menopause ( > 50 - 55 tahun). Wanita dikatakan menopause bila sudah tidak menstruasi ( tanpa KB maupun penyakit tertentu) selama 1 tahun penuh atau lebih.
Masa transisi dari masa reproduksi menjadi menopause disebut masa perimenopuse, umumnya dimulai umur 40 keatas hingga menopause.
beberapa wanita memang timbul gejala yang kurang nyaman pada saat perimenopause ini, gejala tersebut antara lain; rasa panas seperti yang dialami oleh ibu saudara, nyeri saat senggama, emosi labil, sering lupa, kemaluan terasa kering, libido menurun, gangguan miksi dan gangguan BAB. Kemungkinan terjadi penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi & penyakit jantung juga meningkat pada usia ini. Tidak semua wanita mengalami hal seperti ini, ada juga wanita yang mencapai masa menopause tanpa gejala.
 
Ibu saudara berusia 52 tahun, ada kemungkinan gejala seperti rasa panas, sulit tidur itu berkaitan dengan gejala perimenopause. Untuk rasa berdebar debar, sebelum kita mencurigai hal tersebut juga gejala perimenopause sebaiknya ibu periksakan ke dokter untuk mengevaluasi apakah ada kelainan lain.
 
lalu bagaimana solusinya untuk wanita yang mengalami gejala perimenopause. Banyak sekali metode pendekatannya. mulai dari pendekatan psikiatris sampai terapi sulih hormon. Namun sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu mana yang lebih cocok untuk ibu anda.
 
Semoga informasi ini dapat membantu dan sebagai bahan diskusi dengan dokter anda. Bila masih ada yang ditanyakan silahkan reply email ini

Untuk pemeriksaan / konsultasi ke tempat praktek dokter kami  bisa menghubungi sekretariat kami di Telpon 031-5501474. Terima kasih

Salam,
dr. Jimmy Yanuar Annas SpOG
 

Offline Jasmine

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
Kondisi Kesehatan Reproduksi bagi Lajang di atas umur 35 tahun
« Reply #2 on: November 04, 2008, 01:54:42 AM »
Dokter yang baik...

Banyak teman-teman saya masih lajang di usia mereka yang hampir masuk masa perimenopouse (> 40tahun). Mereka masih belum menikah karena merasa belum siap. Yang saya ingin tanyakan, sebenarnya usia berapakah alat reproduksi (terutama wanita) dalam kondisi sangat baik untuk bereproduksi? Dan apakah benar wanita di usia 40 tahun harus memeriksakan diri bila ingin menikah?
Dan sampai usia berapakah wanita aman untuk mengandung (hamil)?
Apa kira2 saran yang terbaik baik teman2 saya, yang masih ingin menunda pernikahan (kehamilan). Terima kasih.

Offline diemaz

  • Newbie
  • *
  • Posts: 4
Re: Proses Monopouse
« Reply #3 on: February 20, 2009, 09:07:07 AM »
Salam kenal,

Menopouse adalah merupakan gejala yang diakibatkan karena terhentinya siklus menstruasi dan berakhirnya masa reproduksi pada wanita.
Gejala2 menopouse sbb:
Sebagian besar mengalami vasomotor seperti : muka merah, keringat malam hari, susah tidur, nyeri kepala, saluran kencing terasa sakit, gelisah, perubahan keseimbangan emosi, cepat lelah, cepat marah, dan mudah lupa, nyeri pada saat hubungan seks, cairan vagina kering, kulit menjadi lebih kusam ,keriput dan kering , rambut rontok.

untuk menanggulangi masalah tersebut seharusnya mengkonsumsi obat seperti UIE Chlorophyll dan Gamat ekstrak yang disupply oleh PT.k-link.
Silahkan anda kunjungi website : www.kesehatanku.50webs.com

mudah2an bermanfaat,

Diemaz

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Proses Monopouse
« Reply #3 on: February 20, 2009, 09:07:07 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab